BKPM Lembaga Pemerintah Non Kementerian

Indonesia memiliki Lembaga Pemerintah Nonkementrian (LPNK) yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan tugas pemerintahan dari Presiden. Saat ini ada sekitar 30 LPNK yang dimiliki Indonesia dan semua lembaga tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Salah satu LPNK yang ada di negara ini adalah BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam bidang penanaman modal asing maupun dalam negeri.

bkpm lembaga non

BKPM telah dibentuk sejak tahun 1973 untuk menggantikan fungsi dan tugas panitia penanaman modal yang dibentuk tahun 1968. BKPM berperan sebagai advokasi untuk para investor yang ingin berinvenstasi di Indonesia. Dengan adanya lembaga ini maka kegiatan investasi semakin lancar dan memiliki perlindungan hukum yang lebih jelas. Saat ini BKPM dipimpin oleh Thomas trikasih lembong yang diangkat langsung oleh Presiden Jokowi.

BKPM memiliki tugas dan fungsi penting dalam kegiatan penanaman modal. Tugas pokok dari lembaga ini adalah mengkoordinasi semua kebijakan dan menyediakan berbagai pelayanan dalam bidang penanaman modal berdasarkan undang-undang yang telah ditentukan. Sedangkan fungsi dari BKPM sangat komplit yaitu:

  1. Mengkaji dan mengusulkan rencana dan pelayanan dalam penanaman modal
  2. Mengkoordinasi semua pelaksanaan kebijakan yang telah disetujui dalam bidang penanaman modal
  3. Menetapkan standar minimal, norma, dan prosedur pelaksanaan semua kegiatan pelayanan dalam penanaman modal
  4. Mengembangkan potensi dan mencari peluang penanaman modal di berbagai daerah
  5. Mengkoordinasi semua kegiatan promosi dan kerjasasama dalam investasi
  6. Mengembangkan berbagai sector usaha dalam bidang penanaman modal melalui penyuluhan dan pembinaan diantaranya adalah meningkatkan kerjasama, daya saing, menciptakan persaingan sehat, dan menyebarkan informasi seputar penanaman modal dengan seluas-luasnya
  7. Menyelesaikan berbagai masalah dan hambatan yang dihadapi oleh para investor dalam menjalankan kegiatan investasi
  8. Memberikan pelayanan fasilitas dan perizinan dalam penanaman modal
  9. Mengkoordinasi semua kegiatan penanaman modal asing maupun dalam negeri  

Masih banyak lagi tugas yang harus dijalankan oleh BKPM dalam bidang penanaman modal. Dengan adanya lembaga ini semua kegiatan investasi semakin baik dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *