Tips Mengembalikan File Smartphone Android yang Hilang Atau Terhapus

Smartphone Android
Smartphone Android

Tips Mengembalikan File Smartphone Android yang Hilang Atau Terhapus

File atau dokumen adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita jaga dengan baik. Bukan hanya file maupun dokumen dalam bentuk cetak saja, namun juga dalam bentuk non cetak yang biasanya kita simpan di dalam media penyimpanan digital seperti salah satunya adalah menyimpan di smartphone android. Seperti yang diketahui juga ponsel pintar berbasis android sekarang ini sudah sangat banyak bermunculan dan banyak diminati oleh masyarakat. Mengingat fungsi dari smartphone ada begitu banyak tak terkecuali menyimpan file penting dengan sangat mudah dan bisa untuk kita bawa kemana saja. Akan tetapi, pada sisi lain, barang elektornik memang punya resiko mengalami masalah. Begitu juga dengan smartphone dengan file yang disimpan di dalamnya.
Terkadang ada sebuah kondisi dimana file yang ada di dalam smartphone hilang tiba-tiba ataupun terhapus dan ini jelasnya membuat kebingungan bukan ? Ada beberapa tips untuk mengembalikan file yang terhapus di dalam smartphone android anda, meskipun memang beberapa tips yang akan diulas di bawah ini tidak menjamin 100 persen file yang terhapus akan kembali lagi. Simak berikut ini ulasan lebih lengkapnya.
1. Menghubungkan smartphone dengan komputer. Pastikan terlebih dahulu laptop maupun komputer yang akan dihubungkan dengan smartphone anda sudah memiliki software pengembalian file. Jika sudah, anda hanya diminta untuk membuka software pengembalian file dan kemudian melakukan pengaturan tipe file yang ingin dicari, lalu pilih opsi recovery untuk mengembalikan file.
2. Mengembalikan file yang hilang di Google Drive. Smartphone berbasis android memang tidak bisa lepas dari akun Google. Nah, jika file yang hilang di smartphone anda letaknya berada di Google Drive, anda bisa mengatasinya dengan cara memilih opsi Bin, lalu pilih file yang sudah terhapus dan ingin dikembalikan. Setelah itu pilih restore untuk mengembalikan file. Akan tetapi Google Drive hanya punya beberapa waktu saja untuk bisa melakukan restore file yang terhapus. Biasanya dalah 60 hari file tersimpan di bin sebelum kemudian terhapus secara permanen.

3. Memakai aplikasi pihak ketiga. Ada satu cara lain yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang hilang ataupun terhapus pada smartphone android. Adalah menggunakan aplikasi pihak ketika yang terlebih dahulu diunduh pada smartphone anda. Akan tetapi beberapa aplikasi pihak ketiga baru mempunyai kemampuan mengembalikan file terhapus masih terbatas seperti hanya bisa mengembalikan file foto saja yang terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *