Kelebihan dan Kekurangan Baterai Removable Pada Smartphone

Baterai Smartphone
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Removable Pada Smartphone

Harus bisa kita akui bahwa smartphone sekarang sudah bukan lagi sebuah barang yang mewah seiring juga dengan perkembangan zaman serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sekarang ini sebagian besar orang baik yang muda ataupun tua kiranya telah memegang smartphone. Karena memang mengingat juga kegunaan smartphone sendiri yang multifungsi untuk membantu menyelesaikan beragam pekerjaan dengan lebih mudah. Nah, berbicara mengenai smartphone, tentunya smartphone tidak akan pernah jauh dengan baterai. Baterai adalah sumber dayanya sehingga jelas baterai adalah komponen yang sangat penting dalam smartphone. Baterai smartphone sendiri kebanyakan adalah removable meskipun memang belakangan ini mulai bermunculan smartphone dengan bekalan baterai non-removable. Yang akan menjadi pembahasan dalam artikel ini dalah baterai removable.
Apa itu baterai removable pada smartphone ? Pada intinya, kita dapat mengartikan bahwa baterai removable pada smartphone adalah baterai yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah oleh para pengguna smartphone. Penggunaan baterai removable tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, yang mana memang setiap hal pun tentu memiliki dua sisi. 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan baterai removable :

Kelebihan :

1. Saat berpergian, tak perlu menyediakan powerbank sebagai cadangan. Cukup membeli lagi satu baterai ponsel original sesuai tipe smartphone anda dan saat berpergian baterai low, tinggal melepas dan menggantinya dengan yang cadangan.
2. Saat baterai removable sudah berumur, kemudian kapasitas daya sudah mulai tidak optimal, pengguna smartphone bisa dengan mudah menggantinya. Pengguna smartphone dengan baterai removable hanya tinggal menggantinya sendiri dengan baterai yang baru tanpa perlu menuju service center.
3. Ketika smartphone mengalami hang alias tidak dapat difungsikan sama sekali, apabila smartphone mempunyai baterai jenis removable, maka bisa ditangani dengan cara baterai smartphone dilepas lalu dipasang kembali dan menyalakan smartphone.

Kekurangan :

1. Kebanyakan baterai removable pada smartphone menggunakan bahan dari Lithium Ion atau yang disebutnya Li-Ion, yang mana memiliki kelemahan pada kemampuan kalibrasi yang cukup rendah.
2. Usia baterai removable dengan bahan Li-Ion cenderung lebih pendek ketimbang baterai smartphone berbahan Lithium Polymer alisa Li-Po.

3. Biasanya tempat untuk baterai removable pada smartphone memerlukan ruang yang lebih besar apabila dibandingkan dengan baterai non-removable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *